Loading

FKAM.ID, FKAM PUSAT — Ngaji Fikih Kebangsaan oleh Ustadz Zul Fahmi, S.Pd.I., M.H. pada Jumat 16 Februari 2024 kali ini membahas mengenai cinta tanah air. Dalam kesempatan ini, Ustadz Zul Fahmi, S.Pd.I., M.H. menyampaikan mengenai makna Arrahman dan Arrohim.

Arrahman adalah kasih sayang Allah kepada semua makhluknya. Adapun Arrohim adalah kasih sayang Allah yang hanya diberikan kepada makhluknya yang taat. Sehingga, di antaranya dapat disimpulkan bahwa, sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala itu mencintai semua makhluk-Nya.

Untuk itu, selain kita mencintai Allah, Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam serta orang-orang yang beriman, hendaknya kita juga mencintai semua manusia walaupun mereka itu tidak beriman. Sebab, Allah juga cinta kepada mereka. Namun tentunya dengan bobot kecintaan yang berlainan.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah bersabda, “Orang-orang yang penyayang, maka mereka akan disayangi oleh Allah Yang Maha Penyayang.”

Beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam juga bersabda:
“Sayangilah oleh kamu sekalian siapa pun yang ada di bumi, maka kamu akan disayangi oleh apapun yang ada di langit.”

Selain mencintai terhadap hal tersebut di atas, kita hendaknya mencintai tanah air. Tanah yang merupakan tempat kita dilahirkan maupun tempat tinggal kita.

Dalam beberapa kesempatan, Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menampakkan kecintaannya kepada tanah kelahirannya. Sementara itu, Umar bin Khattab Radhiyallahu ‘anhu pernah berkata. “Seandainya tidak ada cinta terhadap negara, maka akan rusaklah negeri yang jelek itu.” Umar bin Khattab juga berkata, “Dengan sebab cinta terhadap negara, maka negara-negara itu dimakmurkan.”

Sehingga, dengan kita mencintai tanah air, kita pun akan mau berkorban, berjuang, dan membangun tanah air kita. Alhamdulillah, Ngaji Fikih Kebangsaan yang diselenggarakan oleh FKAM pada pukul 08.00 WIB – 09.00 WIB dapat terlaksana dengan baik. Semoga bermanfaat untuk ummat. Aamiin, ya Rabbal ‘alamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *